Wow! KPK Sita Uang Senilai Rp15 Miliar dari Rumah Hanan Supangkat

Penggeledahan di rumah Hanan Supangkat.

Advertisements

KPK telah menyita sejumlah barang bukti, termasuk uang tunai senilai Rp15 miliar, setelah melakukan penggeledahan di rumah Hanan Supangkat.

Penggeledahan yang dilakukan pada Rabu (6/3/2024) malam tersebut terkait dengan dugaan korupsi proyek Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Tim penyidik telah melakukan penggeledahan di rumah salah satu saksi yang terkait dengan perkara Tersangka SYL di wilayah Kota Jakarta Barat. Selama penggeledahan, kami menemukan sejumlah dokumen terkait proyek-proyek di Kementan RI serta bukti elektronik,” ungkap Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (7/3/2024).

“Kami juga menyita uang tunai rupiah dan valas senilai belasan miliar rupiah yang diduga terkait langsung dengan perkara ini,” tambahnya.

Sebelumnya, KPK juga telah melakukan penggeledahan di rumah Hanan Supangkat di Kembangan, Jakarta Barat, pada Rabu (6/3/2024).

Meskipun belum dijelaskan secara rinci, penggeledahan tersebut terkait dengan agenda yang terkait dengan kasus yang sedang ditangani oleh KPK.

KPK tiba di rumah Hanan Supangkat di Taman Kebon Jeruk, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, sekitar pukul 21.00 WIB. Dalam penggeledahan tersebut, sekitar 12 orang dari KPK tiba di lokasi menggunakan 3 mobil.

Beberapa barang bawaan, termasuk 2 koper, juga dibawa oleh petugas KPK ke dalam rumah Hanan. Sementara itu, penggeledahan masih berlangsung dan rumah Hanan tertutup rapat.

Sebelumnya, Hanan Supangkat telah diperiksa oleh KPK sebagai saksi terkait dengan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Ali menjelaskan bahwa saat ini penyidik masih mengumpulkan informasi lebih lanjut untuk membuktikan dugaan TPPU yang dilakukan oleh SYL.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights