Waspada! Penipuan Modus Giveaway atas Nama Baim Wong Merajalela

Baim Wong.

Advertisements

Beredar tangkapan layar dari pelantar WhatsApp terkait pesan yang menyebutkan jika penerima berhasil terpilih menjadi pemenang giveaway dari artis Baim Wong.

Dalam pesan yang dikirim oleh nomor +6285716467949 tersebut, penerima pesan tersebut diminta untuk menyebutkan nama lengkap Baim Wong dan mengklik tautan akun WhatsApp lainnya agar bisa mendapatkan hadiah.

Berikut narasi dari pesan tersebut:

“assalamualaikum untuk mas/mbak. anda terpilih pemenang giveaway bapau FAMILY dan syaratnya cukup mudah untuk mendapatkan hadiahnya. silahkan jawab quis nya (SIAPA NAMA LENGKAP BAIM WONG) kirim jawabannya dinomor yang di bawah ini. WHATSHAP: https://wa.me/message/OLKN3BRLHEPMB1

Tim JK melakukan penelusuran dengan mengklik tautan WhatsApp yang diberikan dan terhubung dengan nomor akun dengan nomor +6287744964810.

Begitu dihubungi, oknum tersebut langsung mengiming-imingi dengan mendapatkan hadiah cek tunai sebesar Rp50 juta.

Oknum tersebut juga meminta agar penerima pesan mengirimkan data-data pribadi seperti nama lengkap, kota asal, alamat lengkap, nama bank, nama rekening, maupun nomor KTP.

Oknum tersebut juga meminta agar penerima pesan mentransfer sejumlah uang, sebelum hadiah giveaway ditransfer ke rekening penerima.

Penipuan dengan mencatut nama artis Baim Wong bukan kali ini saja. Sebelumnya pada April 2023, pihak Polda Sumut berhasil meringkus MK, penipu yang mencatut nama artis Baim Wong dengan modus yang serupa.

Penipu mengiming-imingi korban dengan hadiah besar dengan syarat korban harus mengirimkan uang transfer terlebih dahulu.

Sebelumnya pada 19 Juli 2021, Baim Wong dan pasangannya Paula, menegaskan bahwa giveaway yang mereka berikan hanya diadakan di Youtube dan akun Instagram resmi mereka.

Selain itu, pelaksanaan giveaway selalu dilakukan secara live dan memiliki jam tersendiri. Hal itu dilakukan untuk menghindari penipuan.

Dalam akun instagramnya pada 26 Juli 2023, Baim Wong menegaskan bahwa giveaway yang mereka lakukan tidak pernah meminta uang transfer.

Hal itu dilakukan untuk menanggapi penipuan giveaway palsu yang mengatasnamakan dirinya dengan melampirkan surat kepolisian.

Masyarakat juga diminta waspada untuk memberikan data pribadi seperti nomor induk kependudukan, nomor rekening, maupun data lainnya agar tidak disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Boy Aditya

Verified by MonsterInsights