Viral! Komplotan Penipuan Diamuk Massa di Bekasi

Mobil berisi komplotan penipuan diamuk massa.

Advertisements

Sebuah video memperlihatkan satu unit mobil yang diduga berisikan komplotan penipuan tengah dikejar warga menjadi viral di media sosial.

Mobil dengan nomor polisi B 2387 FMI itu tampak diamuk massa hingga berhenti di pertigaan Sasak, Teluk Buyung, Kota Bekasi.

Dalam video, terlihat pelaku berusaha kabur dengan terus mengemudikan mobilnya. Di belakangnya, nampak pengemudi motor berusaha mengejar sambil berteriak ‘maling’.

Warga sekitar yang mendengar pun ikut membantu mengadang terduga pelaku penipuan itu. Bahkan, beberapa warga juga ada yang melempari mobil itu dengan sejumlah benda keras hingga membuat kaca mobil pecah.

Menanggapi hal itu, Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari menerangkan, mobil diduga komplotan penipuan itu berisi 4 orang. Keempat orang itu telah berulang kali melakukan aksinya di berbagai wilayah.

“Pelaku sudah sering melakukan aksi penipuan kartu ATM di berbagai wilayah seperti Pondok Kopi, Pondok Bambu, Bekasi Utara, Ciledug, Ciputat, Sawangan, Cilengsi, Depok, Serpong, Cijantung, Jonggol,” kata Erna saat dikonfirmasi, Minggu (22/10/2023).

Empat orang itu saling bekerja sama dengan mengaku hendak menyumbangkan ke masjid yang ada di sekitar wilayah rumah korban.

“Berawal kelompok pelaku melakukan aksinya dengan cara pelaku Astian bertemu dengan korban dan mengaku bekerja sebagai karyawan Petronas dari Brunei yang ingin menjadi donatur untuk tempat ibadah kepada korban,” terangnya.

Untuk membuat korban percaya, pelaku mengajak korban melihat isi ATM pelaku yang saat itu berjumlah Rp900 juta.

Setelah berhasil meyakinkan, giliran korban yang diminta untuk memperlihatkan saldonya ke pelaku. Saat korban memasukkan pin, pelaku memperhatikan dan menukar kartu ATM-nya.

“Pelaku menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM lainnya setelah itu pelaku bilang kepada korban bahwa uang donatur akan masuk ke rekening korban sekitar jam 15.00 WIB,” ujarnya.

Beruntung, saat pelaku hendak mengambil uang yang ada di ATM korban, korban dengan segera sadar dan langsung berteriak maling.

Saat ini, keempat pelaku masih menjalani proses penyelidikan dan penyidikan di Polsek Bekasi Utara.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights