Usai Diperiksa KPK, Legislator PKB Irit Bicara

Legislator PKB, Luqman Hakim usai diperiksa KPK.

Advertisements

KPK memeriksa anggota DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di Kemnakertrans tahun 2012. Luqman tak banyak bicara usai diperiksa KPK.

Dari informasi yang dihimpun, Luqman selesai diperiksa sekitar pukul 15.49 WIB. Dia tampak mengenakan pakaian batik berwarna biru.

“Nggak ada apa-apa. Nggak ada apa-apa,” ujar Luqman di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Luqman mengaku memenuhi undangan sebagai warga negara dan telah menyerahkan materi penyidikan kepada tim penyidik.

“Saya warga negara dipanggil datang, sudah. Materinya tanya ke penyidik,” ujarnya.

Luqman sebelumnya juga telah diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di Kemnakertrans tahun 2012 sebagai saksi.

Selain Luqman, KPK juga memanggil dua saksi lainnya, yaitu Rinto Sugita dan Irwan Arifiyanto selaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemnaker.

Untuk diketahui, KPK sedang menyidik kasus baru terkait dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI di Kemnaker pada 2012.

Pengadaan sistem proteksi TKI tersebut diduga merugikan keuangan negara yang jumlah pastinya masih dalam proses penghitungan.

Saat ini, KPK juga sudah menetapkan tiga tersangka yakni Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker I Nyoman Darmanta, mantan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Reyna Usman, serta Direktur PT Adi Inti Mandiri, Karunia.

KPK dan Ditjen Imigrasi Kemenkumham juga sudah mencegah ketiga tersangka tersebut untuk bepergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights