SYL Ngeluh Sesak Napas, Minta Dipindah ke Rutan Salemba

Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Pengadilan Tipikor.

Advertisements

Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengajukan permohonan pemindahan ke rumah tahanan negara Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

SYL menyatakan alasan pengajuan tersebut karena ia terkadang kesulitan bernafas di dalam Rutan KPK yang minim ventilasi udara.

“Paru-paru saya tinggal satu. Di Rutan KPK terkadang saya kesulitan bernafas karena tidak ada ventilasi langsung, hanya ada kipas angin,” ujar SYL dalam sidang tanggapan penuntut umum terhadap eksepsi SYL di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

SYL menjelaskan, setelah menjalani operasi besar beberapa tahun lalu, salah satu paru-parunya diangkat karena terserang kanker. Hal ini membuatnya kini hidup dengan hanya satu paru-paru.

Akibat kondisi tersebut, ia membutuhkan udara yang segar dan lebih banyak. SYL bahkan mengalami pembengkakan pada kakinya akibat kekurangan oksigen di dalam Rutan KPK.

Dalam penjelasannya, Penasihat Hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen menambahkan bahwa pemilihan Rutan Salemba untuk pemindahan kliennya didasarkan pada ventilasi udara yang sangat terbuka dan ruangan yang cukup untuk berolahraga.

Selain itu, lokasi Rutan Salemba juga dekat dengan RSPAD Gatot Subroto, tempat SYL rutin memeriksakan kesehatan paru-parunya setiap minggu.

“Kami sudah survei dan Rutan Salemba dipilih karena dianggap paling cocok,” kata Djamaludin.

Menyikapi permohonan SYL, Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh mengatakan akan mempelajari permintaan tersebut dan berkonsultasi dengan anggota majelis hakim lainnya.

“Yang pasti, kesehatan terdakwa menjadi prioritas utama untuk kelancaran sidang,” kata Pontoh.

SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) antara tahun 2020 hingga 2023.

Pemerasan tersebut dilakukan bersama Kasdi Subagyono, Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023, dan Muhammad Hatta, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan tahun 2023, antara lain untuk kebutuhan pribadi SYL.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights