Siap-Siap! Polisi Kembali Berlakukan Tilang Uji Emisi 1 November

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.

Advertisements

Polda Metro Jaya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan kembali menerapkan tilang terhadap kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Penerapan tilang uji emisi mulai berlaku pada 1 November 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya bersama dengan DLH DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi pentingnya memperbaiki gas emisi buang.

Ia berharap, sosialisasi yang dilakukan Polda Metro Jaya dan DLH DKI Jakarta telah dimanfaatkan oleh para pengguna kendaraan bermotor untuk memperbaiki gas buang.

“Sehingga di bulan November kita melakukan penindakan tilang, tinggal orang-orang yang tidak mau melakukan itu,” ujar Latif kepada wartawan, Minggu (15/10/2023).

Menurut Latif, penindakan tilang dinilai penting dilakukan untuk menjaga kualitas udara di Jakarta agar tidak semakin memburuk, minimal polusi udara dampak dari kendaraan bermotor bisa berkurang.

“Pemerintah melakukan penindakan ini bukan untuk membuat susah masyarakat tapi untuk menjaga kesehatan masyarakat, untuk mendisiplinkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, tindakan tilang bukan untuk menyusahkan masyarakat. Penindakan bisa berupa teguran atau tilang yang diatur pada Pasal 285 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights