Setya Novanto Terima Remisi, Hukuman Dipotong 3 Bulan

Terpidana kasus korupsi, Setya Novanto.

Advertisements

Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto mendapatkan remisi potongan hukuman tiga bulan dalam rangka hari kemerdekaan RI.

Selain Novanto, terpidana kasus korupsi lainnya yang mendapatkan remisi serupa adalah eks Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Diketahui, keduanya merupakan narapidana kasus korupsi yang tengah menjalani pidana penjara di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. 

“Iya, mendapatkan remisi masing-masing tiga bulan,” kata Kepala Lapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga: 16 Koruptor Dapatkan Remisi, Langsung Bebas!

Setya Novanto merupakan terpidana perkara korupsi proyek pengadaan KTP-elektronik (KTP-el). Ia divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan ditambah kewajiban pembayaran uang pengganti 7,3 juta dollar AS.

Kasus Novanto ini pernah menyedot perhatian publik karena sempat dikabarkan menghilang dan menjadi buronan. Ia akhirnya berhasil diamankan KPK setelah terlibat kecelakaan tunggal.

Sementara itu, Imam Nahrawi adalah terpidana kasus suap pengurusan proposal dana hibah di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Baca Juga: Kejagung Tahan Anak Buah Puan atas Kasus Korupsi Tambang

Ia dihukum tujuh tahun penjara dan denda Rp 400 juta subsider tiga bulan kurungan. Selain itu, ia juga dijatuhi pidana tambahan berupa membayar uang pengganti sebesar Rp18,1 miliar.

Dua narapidana kasus korupsi ini merupakan bagian dari 2.120 orang memperoleh remisi pengurangan sebagian hukuman dalam peringatan HUT Ke-78 RI. 

Sementara itu, ada 16 orang narapidana kasus korupsi yang mendapatkan remisi langsung bebas. Pada peringatan kemerdekaan ini, sebanyak 175.510 narapidana menerima remisi umum (RU) tahun 2023 dan 2.606 di antaranya langsung bebas.

Boy Aditya

Verified by MonsterInsights