RS Kartika Husada Resmi Dilaporkan atas Dugaan Malapraktik

RS Kartika Husada Jatiasih.

Advertisements

RS Kartika Husada, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat resmi dilaporkan ke polisi buntut kasus dugaan malapraktik.

Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 29 September 2023 lalu. Laporan terhadap RS Kartika Husada Bekasi tersebut terdaftar dengan nomor: LP/B/5814/IX/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Penasihat hukum orangtua pasien, Cahaya Christmanto Anakampun mengaku telah berkoordinasi dengan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada hari ini, Senin (2/10/2023) terkait laporannya tersebut.

“Saya mendapatkan surat kuasa dari Albert di mana beliau adalah orang tua dari korban yang diduga ada tindak pidana malapraktik,” kata Cahaya di Polda Metro Jaya.

Cahaya menerangkan, kliennya memiliki dua orang anak, yakni J (10) dan A (7)  yang menderita gangguan pada amandel. Ketika itu, mereka berdua menjalani operasi amandel di RS Kartika Husada.

Sebelum tindakan, kedua pasien telah menjalani rangkaian pemerikaan kesehatan hingga dinyatakan memenuhi persyaratan untuk dilakukan operasi pada 19 September 2023.

“A yang pertama kali melakukan operasi. 2-3 jam operasinya lalu selesai masih dalam kondisi kena bius masih belum sadarkan diri,” ujar dia.

“Lalu dioperasi lagi lah abangnya J. Begitu J dioperasi dilakukan tindakan selesai dan beberapa jam kemudian sudah bisa sadarkan diri,” sambung dia.

Cahaya menerangkan, A sudah dua hari pasca operasi amandel belum sadarkan diri. Pihak dokter diklaim sudah mengupayakan untuk membangunkan pasien namun tak membuahkan hasil.

“Hingga masuk hari ke-9 belum sadarkan diri,” ujar dia.

Terkait hal ini, Cahaya mengaku sudah mengirimkan somasi kepada pihak rumah sakit. Namun, belum ada jawaban.

Padahal, pihak keluarga meminta agar dokter menerbitkan surat rujukan supaya pasien A dibawa ke rumah sakit lain.

“Tetapi pihak rumah sakit tidak melakukan itu,” ujar dia.

Belakangan, Cahaya menerangkan, pihak keluarga mendapatkan kabar bahwa A divonis mengalami mati batang otak.

“Kan ini sungguh sekali dari operasi amandel lari ke batang otak. Ini saya bilang ada kelalaian ada kealpaan yang dimana kami duga ada tindak pidana yang dilakukan di sini,” tandasnya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights