Resmi! KPK Tetapkan Syahrul Yasin Limpo Sebagai Tersangka

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Advertisements

KPK memanggil eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hari ini dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Hal itu dibenarkan oleh Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (11/10/2023).

Selain Syahrul, KPK juga turut menetapkan dua tersangka lainnya, yakni Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

“Kami memanggil para tersangka dalam perkara ini tiga orang untuk hadir pada hari ini, tapi ada surat konfirmasi dari dua orang tersangka tidak bisa hadir pada hari ini,” kata Ali dalam konferensi pers di Gedung KPK.

Ali mengatakan, dari ketiga tersangka itu, hanya Sekjen Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono yang hadir panggilan KPK hari ini dan langsung dilakukan penahanan.

“Alasan dua tersangka lainnya, karena ibu mertuanya sakit, dan sedang menengok orang tuanya di Makassar, Sulawesi Selatan,” kata Ali.

Ali Fikri belum banyak bicara soal kasus yang dijerat kepada para tersangka itu. Karena hingga sore hari ini, penyidik KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap Kasdi Subagyono.

“Nanti perkembangannya kami akan sampaikan secepatnya,” kata Ali.

Berdasarkan informasi, Syahrul Yasin Limpo diduga mengumpulkan upeti dari bawahannya selama menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Uang itu dikumpulkan untuk kepentingan pribadi Syahrul Yasin Limpo beserta keluarga dan sumbangan untuk kegiatan Partai NasDem.

Upeti itu dikumpulkan Syahrul Yasin Limpo sejak 2020 hingga 2022 secara langsung maupun tidak langsung dengan total nilai Rp 4,94 miliar.

Atas tindakannya, Syahrul Yasin Limpo diduga melanggar Pasal 3 dan Pasal 4 UU No. 8 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights