Puluhan Orang Jadi Korban Penipuan Jual Beli Mobil Bekas di Bekasi

Ilustrasi mobil bekas.

Advertisements

Puluhan orang menjadi korban penipuan jual beli mobil bekas taksi yang berlokasi di Jalan Raya Jati Kramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Muhammad Firdaus mengatakan, setidaknya ada 45 orang yang telah menjadi korban dalam kasus penipuan ini.

“Di Polres sendiri telah tercatat satu laporan, sementara di Polsek Jatiasih terdapat dua laporan. Namun, total korban mencapai 45 orang,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (29/3/2024).

Firdaus mengungkapkan, total kerugian yang dialami oleh para korban diperkirakan mencapai Rp3 miliar. Ia juga menyatakan, jumlah kerugian yang dialami oleh setiap korban berbeda-beda.

“Dari hasil laporan yang saya baca, kerugian korban berkisar antara Rp35 juta hingga Rp62 juta,” tambahnya.

Firdaus menyampaikan, pihaknya akan membentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan terkait dengan kasus penipuan ini.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Polsek Jatiasih dan Polsek lainnya untuk mencari tahu apakah masih ada korban lain yang belum melaporkan kasus serupa,” katanya.

Ia menambahkan, karena jumlah korban yang diperkirakan lebih dari 45 orang, pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus tersebut.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap semua saksi yang terlibat. Jika semua alat bukti telah terkumpul, maka kami akan melanjutkan proses dengan gelar perkara dan penetapan tersangka,” tegasnya.

Sebelumnya, dilaporkan dua korban bernama Ridwan (43) asal Bogor dan Firdaus (23) telah mengalami kerugian masing-masing sebesar Rp35 juta dan Rp40 juta.

Ridwan hendak membeli mobil Chevrolet Lova pada bulan Oktober 2023, sementara Firdaus telah membayar mobil merek Vios 2012 eks taksi.

Namun hingga saat ini, mobil tersebut belum juga diserahkan meski pembayaran telah dilunasi.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights