Pomdam Jaya Belum Tetapkan Lettu GDW Sebagai Tersangka

Advertisements

Pomdam Jaya menyatakan, oknum TNI berinisial GDW (29) belum ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kecelakaan beruntun di tol layang MBZ.

“Kalau status belum ditetapkan kita masih memeriksa saksi-saksi kemudian kita tanya dulu yang bersangkutan,” kata Danpomdan Jaya, Kolonel Irsyad Hamdie Bey Anwar dalam jumpa pers di RS Ridwan Meuraksa, Senin (11/9/2023).

Menurut Irsyad, dalam berita acara pemeriksaan (BAP) itu akan diperiksa terlebih dahulu apakah yang bersangkutan keadaan sehat atau tidak.

Ia mengatakan, oknum TNI itu perlu menjalani observasi selama dua pekan di rumah sakit untuk menyatakan yang bersangkutan sehat atau tidak untuk menjalani proses hukum.

“Tentunya, kalau misalnya dia dalam kondisi sakit, kita tidak bisa memproses seperti apa yang orang umum lakukan,” lanjutnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pomdam Jaya masih menunggu hasil medis dari rumah sakit dan sebelumnya pun Lettu GDW saat ditanya masih belum bisa memberikan keterangan jelas.

“Dia tidak bisa diperiksa karena memang tidak bisa memberikan keterangan artinya kita tanya dia masih jawabnya ngaco dan sebagainya,” ujar Irsyad.

“Kalaupun nanti hasilnya keluar dan misalnya yang bersangkutan tidak memungkinkan untuk dilakukan proses hukum, ya tidak akan dilakukan proses hukum,” tutupnya.

Sebelumnya, Kapendam Jaya, Herbeth Adi Amino Sinaga menjelaskan terkait kronologi lengkap kecelakaan beruntun yang melibatkan anak buahnya, Lettu GDW (29) di tol layang MBZ KM 25, Sabtu (9/9/2023) lalu.

Peristiwa nahas tersebut terjadi di kawasan jalan layang tol MBZ KM 25 dari arah Jakarta menuju ke Cikampek sekitar pukul 05.20 WIB dini hari.

“Jadi dia berjalan dari arah Bekasi menuju Cikampek melalui bahu jalan kemudian tiba-tiba dia berbalik arah, otomatis dia berhadapan dengan kendaraan yang berlawanan dengannya sehingga terjadi tabrakan beruntun sebanyak 7 mobil,” ungkap Herbeth di RS Ridwan Meuraksa, Senin (11/9/2023).

Kemudian, lanjutnya, setelah terjadi tabrakan beruntun sebanyak tujuh mobil. Lettu GDW kembali berbalik arah menuju ke arah Cikampek.

Namun, pada exit Tol MBZ di KM 48 Lettu GDW diamankan oleh PJR Polri. Selanjutnya, ia diserahkan ke Pomdam Jaya karena diketahui bahwa pelaku adalah anggota TNI.

Boy Aditya

Verified by MonsterInsights