Polri Berhasil Ringkus 899 Tersangka Kasus TPPO

Ilustrasi.

Advertisements

Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Polri telah menangkap 899 tersangka. Penangkapan tersangka ini dilakukan berdasarkan tindak lanjut dari 755 laporan.

Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, kasus tindak pidana perdagangan orang ini dapat terungkap maksimal usai pembentukan Satgas TPPO Polri sejak 5 Juni 2023 hingga saat ini.

“Pengungkapan dan penindakan TPPO dapat terungkap dengan maksimal setelah dibentuknya Satgas TPPO tanggal 5 Juni 2023, atas perintah bapak Kapolri untuk melakukan penindakan dan pencegahan TPPO secara tegas,” ujar Ramadhan, Sabtu (12/8/2023).

Ia mengatakan, dari jumlah 755 laporan, pihak Satgas TPPO berhasil menangkap 899 tersangka dan telah menyelamatkan 2.422 orang dari tindak kejahatan perdagangan orang.

“Laporan polisi sebanyak 755 laporan, jumlah korban TPPO yang diselamatkan sebanyak 2.422 orang. Jumlah tersangka dalam kasus TPPO sebanyak 899 orang,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, untuk modus yang dilakukan para tersangka bermacam-macam, terbanyak soal pekerja migran atau pembantu rumah tangga dengan jumlah 514 orang.

Selanjutnya, Anak Buah Kapal sebanyak sembilan orang, Pekerja Seks Komersial (PSK) sebanyak 219 orang dan eksploitasi anak sebanyak 59 orang.

Ramadhan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. 

“Masyarakat juga harus memastikan apakah perusahaan penyalur tenaga kerja ini resmi. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat mendapatkan hak-hak perlindungan sosial, kesejahteraan dan hukum,” tandasnya.

Verified by MonsterInsights