Polisi Ringkus Penjual Data Nasabah Bank di Situs Dark Web

Ilustrasi penangkapan.

Advertisements

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan pihaknya berhasil menangkap seorang berinisial MRGP asal tebet karena menjual 20 ribu data nasabah bank di Breachforum atau dark web.

“Jadi ada sekitar 20 ribu data yang didapatkan oleh yang bersangkutan yang kemudian dilakukan penjualan, baik data pribadi maupun data finansial di web Breachforums.is,” ungkap Kombes Ade, saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kemudian Ade Safri mengatakan tersangka MRGP menjual data-data nasabah yang memiliki internet banking. Data tersebut diklaim diperoleh secara resmi dari bank tersebut.

“Tersangka MRGP melakukan meng-upload, memposting terkait dengan data aplikasi bank maupun data internet banking milik bank yang diklaim oleh tersangka itu didapat dari situs resmi bank,” katanya.

Lalu Ade Safri menambahkan saat ini pihaknya masih mendalami kasus tersebut. Termasuk mencari tahu pembeli data tersebut dan dugaan sindikat lain yang juga turut serta dalam kasus yang ada.

“Terkait dengan sudah berapa orang pembeli, sampai saat ini upaya penyelidikan dan penyidikan terus kita lakukan, kita kembangkan, termasuk potensi pelibatan jaringan atau keterlibatan pelaku lainnya dalam kasus ini,” pungkasnya.

Verified by MonsterInsights