Polisi Ringkus Gembong Narkoba Murtala cs, 110 Kg Sabu Disita

Konferensi pers penangkapan gembong narkoba.

Advertisements

Gembong narkoba Murtala bersama kawan-kawannya dari Malaysia-Medan-Aceh-Jakarta telah berhasil ditangkap oleh polisi. Mereka juga menyita sebanyak 110 kilogram sabu sebagai barang bukti.

Awalnya, petugas menyita 1 kilogram sabu di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2023. Setelah itu, tim melakukan pengembangan dan menangkap dua tersangka dengan 5 kilogram sabu pada Januari 2024, dengan inisial WP dan RD.

Dari hasil interogasi, petugas mendapat informasi tentang rencana transaksi narkoba di Rest Area Travoy Km 65A, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

“Kemudian diamankan dua orang laki-laki, yaitu ST dan AN, dengan barang bukti 5 paket sabu dengan berat 5 kilogram,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto dalam konferensi pers, Rabu (6/3).

Selanjutnya, tersangka ST dan AN mengungkapkan adanya gudang narkoba di Cluster Gebang, Medan. Tim melakukan penggerebekan dan menangkap dua tersangka lainnya, MR dan MT alias Murtala.

“MT ini adalah residivis kasus narkoba yang sebelumnya pernah ditahan dan ditangkap juga dalam kasus TPPU narkotika, kemudian tim berhasil menangkap kembali yang bersangkutan,” ucap Suyudi.

Dari gudang tersebut, lanjutnya, polisi menyita enam kontainer yang berisi 100 paket sabu dengan total berat 100 kilogram.

Polisi melakukan pengembangan dan menangkap tersangka lainnya, ML, di Jakarta Timur. Dari tersangka ini, disita satu rekening dan dua kartu ATM sebagai alat transaksi pembayaran.

“Murtala cs membawa sabu dari Malaysia ke Aceh melalui jalur laut menggunakan kapal. Barang haram tersebut kemudian dibawa ke Medan sebelum akhirnya diangkut ke Jakarta untuk diedarkan,” bebernya.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang mengancam dengan hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights