Polisi Janji Profesional Usut Kasus Dugaan Pemerasan Terhadap SYL

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Advertisements

Polda Metro Jaya berjanji bersikap profesional dalam mengusut kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Kami pastikan proses penyidikan dalam rangka penegakan hukum yang akan dilakukan tim penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan berjalan secara profesional, akuntabel, transparansi berkeadilan, sebagaimana konsep program Polri presisi,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu (7/10/2023).

Ade menyebut, sejumlah alat bukti kasus dugaan pemerasan sedang dikumpulkan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Status kasus dugaan pemerasan ini, lanjutnya, sudah dinaikkan dari tingkat penyelidikan ke penyidikan setelah gelar perkara.

“Dari hasil pelaksanaan gelar perkara dimaksud, selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status penyelidikan ke tahap penyidikan,” ujar Ade.

Ia menuturkan, ada 3 dugaan kasus yang ditemukannya terkait pimpinan KPK dan SYL ini, antara lain pemerasan, penerimaan gratifikasi, atau penerimaan hadiah dalam penaganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Peningkatan status penyelidikan ke tahap penyidikan dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara terkait permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI pada sekitar kurun waktu 2020-2023,” tutupnya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights