Panglima TNI Pastikan Tak Ada Relokasi Pasca Kebakaran Gudmurah

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto.

Advertisements

Panglima TNI, Agus Subiyanto menegaskan, pihaknya tidak akan melakukan relokasi terhadap Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Peralatan TNI AD milik Kodam Jaya di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Agus menyatakan, gudang tersebut hanya akan diperbaiki pasca kebakaran yang terjadi sesuai dengan aturan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jadi sebenarnya tempat itu tidak hanya berfungsi sebagai gudang amunisi cadangan, tapi juga menyimpan amunisi yang sudah kedaluwarsa. Di sana juga terdapat beberapa gudang lainnya,” jelas Agus di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa (2/4/2024).

“Kami tidak berencana merelokasi, hanya akan kami perbaiki saja karena itu sudah sesuai dengan SOP,” tambahnya.

Meskipun terjadi kebakaran, Agus menegaskan bahwa insiden tersebut tidak menimbulkan masalah yang serius. Pasalnya, tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut.

“Sehingga tidak ada masalah besar, tidak ada korban jiwa, dan sebagainya. SOP-nya telah dijalankan dengan baik. Terdapat bungker dan tanggul sebagai langkah antisipatif,” jelas Agus.

Ia juga menambahkan, pihaknya telah membersihkan dan memeriksa sisa-sisa amunisi yang tersebar di sekitar wilayah pemukiman warga setempat.

“Selain itu, unit teritorial juga telah membersihkan dan memeriksa wilayah sekitar dalam jarak sekitar 2 kilometer dari titik ledakan. Kemungkinan ada selongsong atau pecahan-pecahan yang terlempar ke pemukiman warga,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, kebakaran hebat terjadi di Gudmurah milik Kodam Jaya di Ciangsana, Gunung Putri, pada Sabtu (30/3/2024), sekitar pukul 18.30 WIB.

Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan ledakan yang cukup keras dan membuat warga sekitar terkejut. Beberapa amunisi bahkan terlempar ke pemukiman warga.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights