Pangdam Jaya Pastikan Lokasi Sekitar Gudmurah Bogor Aman Pasca Ledakan

Pangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasan.

Advertisements

Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan memastikan situasi di sekitar Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) di Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, kini telah aman setelah kebakaran dan ledakan yang terjadi pada Sabtu (30/3/2024) lalu.

“Dipastikan lokasi ledakan sudah aman setelah kunjungan Panglima TNI dan KSAD kemarin,” ujar Hasan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (1/4/2024).

Hasan juga menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses pembersihan dan sterilisasi untuk mengumpulkan sisa material dari ledakan tersebut.

Langkah-langkah tersebut dilakukan bersama dengan polisi dan pemerintah daerah untuk memastikan tidak ada dampak yang merugikan bagi lingkungan sekitar.

“Pembersihan dan langkah-langkah berikutnya sedang kami lakukan untuk memastikan area itu aman,” tambahnya.

Ia juga menginformasika, sejumlah rumah warga yang terdampak akan segera mendapatkan perbaikan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Rencananya rumah warga yang terdampak akan dibenahi oleh Pemprov Jawa Barat sesuai dengan data yang telah diajukan,” ungkapnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun, diperkirakan terdapat sekitar 160.000 amunisi dan bahan peledak di dalam Gudmurah Jaya/Bekasi tersebut.

Kebakaran diduga terjadi karena adanya amunisi yang telah kedaluwarsa, yang membuat material tersebut menjadi labil dan mengakibatkan gesekan yang memicu kebakaran.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Kristomei Sianturi menjelaskan bahwa kebakaran gudang amunisi di Ciangsana terjadi pada Sabtu sekitar pukul 18.30 WIB.

Insiden tersebut mengakibatkan ledakan keras yang mengagetkan warga sekitar, dengan beberapa amunisi juga terpental ke pemukiman warga.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights