Pabrik Materai Palsu Terkuak, Kerugian Negara Hingga Ratusan Juta

Contoh materai palsu.

Advertisements

Polsek Metro Menteng berhasil mengungkap ‘pabrik’ pembuatan materai palsu yang telah menyebabkan kerugian negara mencapai ratusan juta rupiah di Bekasi.

Kapolsek Menteng, Kompol Bayu Marfiando mengungkapkan, berdasarkan barang bukti yang telah dikumpulkan, kerugian negara akibat praktik tersebut mencapai Rp936.500.000.

“Modus operandi tersangka menjual materai palsu. Setelah penangkapan, kami melacak produksi tersebut ke Perumahan Grand Vista Cikarang Blok R nomor 28, Kelurahan Jayamulya, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi,” kata Bayu.

Enam tersangka berhasil diamankan dalam operasi ini, yakni MH (49), D (42), I (42), A (53), S (44), dan MY (55). Mereka ditangkap saat melakukan transaksi di kawasan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Pelaku telah beraksi selama setahun terakhir dan telah memproduksi dua rim materai palsu yang siap diedarkan dengan harga murah.

“Pelaku telah menjalankan aksi ini selama setahun terakhir, dengan tiga kali produksi yang menghasilkan dua rim materai palsu siap edar yang dijual murah,” ungkap Bayu.

Bayu menjelaskan bahwa harga materai palsu yang dijual oleh pelaku adalah Rp5.000 per lembar, jauh di bawah harga asli sekitar Rp10.000. Dalam kasus ini, keenam pelaku memiliki peran yang berbeda, mulai dari pemesanan hingga distribusi.

Para pelaku dijerat dengan pasal-pasal undang-undang tentang bea meterai dan pemalsuan meterai, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dan denda lima ratus juta rupiah.

Dari operasi tersebut, polisi menyita dua rim materai siap edar, ratusan lembar materai palsu, serta berbagai peralatan dan uang tunai.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights