Mulai 26 Agustus, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Bakal Ditilang

Uji emisi kendaraan.

Advertisements

Polda Metro Jaya bakal memberlakukan penilangan terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Penilangan akan dimulai pada Sabtu (26/8/2023).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, mengatakan penilangan tersebut dalam rangka turut andil mengatasi meningkatnya polusi udara di Jabodetabek.

“Kami dari kepolisian akan mengikuti dan akan ikut dalam rangka mengatasi polusi, salah satunya adalah dengan transportasi yang sesuai dengan ketentuan, khususnya mengenai emisi gas buang,” kata Latif kepada wartawan, Rabu (23/8/2023).

Latif menerangkan, dalam proses penindakannya akan dilakukan seperti biasa terhadap penindakan pelanggaran pengendara lalu lintas.

Namun, untuk penindakan kali ini, pengendara yang kendaraannya tak lulus uji emisi tidak akan langsung ditilang.

Selain itu, pada saat penilangan kepolisian akan didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

“Nah, tahapan-tahapan ini tentunya yang akan kita lakukan dari nanti sosialisasi, teguran sampai dengan mungkin penilangan,” kata Latif.

“Nanti kalau masalah penilangan gas emisi dari instansi terkait. Kami melakukan pendampingan, karena yang mempunyai alatnya kan dari mereka. Nah, kami akan lakukan membantu penilangan,” sambungnya.

Adapun untuk tindak penilangan, polisi akan mengacu pada Pasal 285 dan 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Mekanismenya sama (seperti penilangan pelanggaran lalu lintas). Menggunakan Pasal 285 ayat 1 untuk sepeda motor, Pasal 286 ayat 1 untuk kendaraan roda empat,” jelas dia.

Boy Aditya

Verified by MonsterInsights