Mau Cepat Lulus Ujian SIM? Begini Bocoran Kakorlantas

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi meluncurkan buku panduan ujian SIM di Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023).

Advertisements

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Santyabudi memberikan bocoran agar para pengguna kendaraan melalui ujian SIM dengan mudah.

Hal ini ia ungkapkan, saat melakukan sosialisasi tentang perubahan ujian teori dan praktik SIM A dan SIM C di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

“Jadi teman-teman yang akan melaksanakan ujian sekarang bisa download atau membaca buku panduannya melalui perangkat keras ujian teori SIM,” kata Firman, Jumat (4/8/2023).

Firman menerangkan, buku panduan tersebut berisi beberapa macam soal yang persis akan dihadapi oleh pemohon SIM.

Ia mengatakan, soal-soal dilengkapi kunci jawaban, sehingga pemohon SIM yang ingin lolos ujian teori disarankan membaca buku panduan terlebih dahulu.

“Masyarakat belajar dari situ dengan semua penjelasannya. Itu ada jawaban disitu sampai kita bold di situ. Harapan kita kita berikan kesempatan mereka belajar sebelum ujian,” ujarnya.

Firman menerangkan, kehadiran buku panduan SIM C sekaligus menjawab kritik dari masyarakat perihal materi ujian teori yang terkesan rahasia.

“Nggak, ini kita buka sekarang, padahal nggak ada yang rahasia aman berlalu lintas. Semoga tidak ada lagi orang bilang, kami belum pernah belajar Pak, tiba-tiba ujian, gimana mau lulus,” ujar Firman.

“Nah, sekarang kami hidangkan buku ujian teori SIM C dan sim A, nanti ke depan semoga SIM B1 dan B2 melalui e-book bisa dilihat di dalamnya, mulai dari pengetahuan lalu lintas sampai contoh soal,” sambungnya.

Firman mengatakan, soal yang ada di buku panduan nanti bakal dipilih secara acak. Totalnya 65 soal yang minta dijawab oleh pemohon SIM ketika mengikuti ujian SIM.

“Ini pasti akan sama. Artinya kita ingin menyampaikan inilah bentuk transparansi daripada kita Korlantas bahwa tidak ada yang rahasia di lalu lintas,” tandasnya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights