KPK Sebut Dugaan Korupsi di Kemnaker Terjadi di Masa Cak Imin

Gedung KPK.

Advertisements

Kabar mengejutkan datang dari KPK, lembaga antirasuah itu menyebut dugaan kasus korupsi di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terjadi saat Muhaimin Iskandar menjabat sebagai menteri.

“(Kasus terjadi) di 2012. Jadi kita tentu melakukan pemeriksaan sesuai dengan tempus-nya, waktu kejadiannya kapan,” kata Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Gedung KPK, Jumat (1/9/2023).

Asep belum bisa merinci lebih lanjut kronologi kasus ini, termasuk dugaan keterlibatan Cak Imin dalam perkara itu. Penyidik dipastikan masih mencari bukti.

“Jadi kita dapat laporan dan laporan itu ditindaklanjuti kemudian disesuaikan dengan tempusnya kapan. Kalau kejadiannya tahun itu ya siapa yang menjabat di tahun itu,” ucap Asep.

Ia memastikan pihaknya berkemungkinan memanggil pejabat terkait di Kemnaker pada 2012 untuk medalami perkara.

“Jadi semua yang terlibat yang disebutkan oleh para saksi dan ditemukan di bukti-bukti kita akan minta keterangan,” ujar Asep.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan Kemnaker I Nyoman Darmanta disebut terlibat dalam kasus ini. 

KPK memastikan perkara ini bukan suap karena menemukan adanya kerugian negara. Dugaan korupsi itu diketahui dari hasil audit BPK.

“Saya enggak tahu sistemnya seperti apa ya, yang jelas itu kan dari hasil audit BPK, sistem itu enggak berjalan, sudah itu saja,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Boy Aditya

Verified by MonsterInsights