KPK Duga Ada Upaya Rintangi Penyidikan Kasus TPPU SYL

Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Pengadilan Tipikor.

Advertisements

KPK menemukan indikasi upaya perintangan penyidikan dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengungkapkan adanya pihak-pihak tertentu yang berusaha menutupi tanda penyitaan barang bukti oleh Tim Penyidik KPK di Sulawesi Selatan.

“Ada pihak tertentu yang diduga sengaja menutupi tanda pasang sita Tim Penyidik KPK yang beralamat di Jalan Jalur Dua, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat Pare-pare, Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (23/5/2024).

Ali juga menyebutkan, upaya menghalangi penyidikan terlihat ketika penyidik menemukan dan menyita sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar milik SYL pada Rabu (22/5/2024).

Mobil tersebut ditemukan di sebuah lahan kosong di salah satu kawasan perumahan di Makassar dan diduga sengaja disembunyikan oleh orang dekat SYL.

“Kami ingatkan bagi siapa pun untuk tidak melakukan tindakan menghalangi proses penyidikan perkara ini, karena ada aturan hukum disertai sanksi yang tegas bagi yang melakukannya,” tegasnya.

Dalam beberapa hari terakhir, penyidik KPK telah gencar menyita sejumlah aset milik SYL dan anak buahnya, termasuk rumah dan kendaraan bermotor.

Salah satu yang disita adalah mobil Mercedes-Benz Sprinter beserta kunci remot yang ditemukan di Perumahan Bumi Permata Hijau, Makassar.

Selain itu, penyidik juga menyita dua unit kendaraan di Perum The Orchid Jalan Orchid Indah, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Makassar, yaitu satu unit mobil New Jimny berwarna ivory dan satu unit motor Honda X-ADV 750 CC berwarna silver.

SYL diduga melakukan pencucian uang hasil dari praktik pemerasan dan gratifikasi selama menjabat sebagai Menteri Pertanian.

SYL didakwa menerima uang sebesar Rp44,5 miliar dari hasil memeras anak buah dan direktorat di Kementerian Pertanian untuk kepentingan pribadi dan keluarganya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights