Kejagung Tetapkan Helena Lim Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Helena Lim ditahan Kejagung atas kasus korupsi tata niaga di PT Timah Tbk.

Advertisements

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Helena Lim sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada periode 2015-2022. 

Helena Lim, yang juga dikenal sebagai crazy rich dari Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Barat, langsung ditahan oleh Kejagung.

“Dengan didukung alat bukti yang cukup dan setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, penyidik menyimpulkan bahwa sudah ada cukup alat bukti untuk menetapkan Helena Lim sebagai tersangka,” ujar Dirdik Jampidsus Kejagung, Kuntadi, kepada wartawan pada Selasa (26/3/2024).

Kuntadi menjelaskan bahwa setelah ditetapkan sebagai tersangka, Helena Lim langsung ditahan untuk kepentingan penyidikan selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejagung.

Dalam perkara ini, Helena, yang menjabat sebagai manajer PT QSE, diduga memberikan bantuan dalam mengelola hasil tindak pidana melalui kerja sama penyewaan peralatan proses peleburan timah. 

“Ia diduga menyediakan sarana dan prasarana melalui PT QSE untuk kepentingan dan keuntungan pribadi serta peserta lainnya dengan dalih penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR),” jelasnya.

Helena Lim dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Sebelumnya, Kejagung sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi terkait tata niaga komoditas timah di wilayah IUP PT Timah Tbk pada periode 2015-2022. 

Diduga ada pelanggaran terkait kerja sama pengelolaan lahan PT Timah Tbk dengan pihak swasta secara ilegal. 

Hasil pengelolaan tersebut kemudian dijual kembali kepada PT Timah Tbk oleh pihak swasta, yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights