Kejagung Tahan Suami Sandra Dewi Terkait Kasus Korupsi PT Timah

Suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi tersangka kasus korupsi PT Timah Tbk.

Advertisements

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan dan menahan Harvey Moeis (HM), suami dari aktris Sandra Dewi, terkait dugaan tindak pidana korupsi aktivitas tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

Dirdik Jampidsus Kejagung, Kuntadi, menjelaskan bahwa Harvey, yang merupakan perpanjangan tangan atau perwakilan dari PT RBT, terlibat dalam kasus ini antara tahun 2018 hingga 2019.

Pada periode tersebut, Harvey bersama-sama dengan mantan Direktur Utama PT Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT), diduga mencari keuntungan melalui kegiatan pertambangan ilegal di wilayah IUP PT Timah.

“Pada sekitar tahun 2018 hingga 2019, Harvey Moeis menghubungi Direktur Utama PT Timah, yaitu Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, alias MRPT, untuk mengakomodasi kegiatan pertambangan ilegal di wilayah IUP PT Timah,” ungkap Kuntadi di Kantor Kejagung, Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Menurut Kuntadi, keduanya beberapa kali bertemu untuk membahas masalah ini. Akhirnya, mereka sepakat untuk menyembunyikan kegiatan pertambangan ilegal tersebut dengan cara menyewa peralatan pemrosesan peleburan timah.

“Kegiatan pertambangan ilegal ini kemudian disamarkan dengan menyewa peralatan pemrosesan peleburan timah, yang kemudian Harvey Moeis menghubungi beberapa smelter, seperti PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” jelas Kuntadi.

Harvey diduga juga meminta pihak-pihak smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungan yang diperoleh untuk diserahkan sebagai dana corporate social responsibility (CSR).

“Dana keuntungan tersebut kemudian diserahkan kepada Harvey dengan dikamuflasekan sebagai dana CSR, yang diterima melalui PT QSE yang dikelola oleh Helena Lim,” tambahnya.

Harvey diduga melanggar Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Selain Harvey, mantan Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT) dan Helena Lim juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara yang sama. Jumlah tersangka dalam kasus ini sudah mencapai 16 orang.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights