‘Jumat Keramat’, Syahrul Yasin Limpo Resmi Jadi Tahanan KPK!

Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo ditahan KPK.

Advertisements

Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) akhirnya resmi ditahan dan mengenakan baju rompi orange sebagai tahanan KPK, Jumat (13/10/2023).

Selain Syahrul Yasin Limpo, KPK juga mengungkapkan, tersangka lain dalam kasus serupa yakni Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan Muhammad Hatta.

Dalam konferensi persnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyampaikan, ada uang hasil korupsi SYL yang mengalir ke Partai Nasdem.

“Ditemukan juga aliran penggunaan uang sebagaimana perintah SYL yang ditujukan untuk kepentingan Partai NasDem dengan nilai miliaran rupiah,” kata Alex, Jumat (13/10/2023) malam.

Namun, Alex belum menjelaskan lebih terperinci mengenai jumlah uang yang mengalir ke Partai NasDem. Menurutnya, hingga kini tim penyidik masih mendalami temuan itu.

Alex membeberkan, SYL diduga membuat kebijakan personal untuk meminta setoran dari para ASN eselon I dan eselon II di lingkungan Kementan.

“Terdapat bentuk paksaan dari SYL terhadap para ASN di Kementerian Pertanian di antaranya dengan dimutasi ke unit kerja lain hingga difungsionalkan status jabatannya,” ungkap Alex.

Alex menyampaikan, kebijakan yang dikeluarkan SYL mengenai setoran uang itu berlangsung dari tahun 2020 hingga 2023. Uang itu kemudian diserahkan setiap bulan ke SYL melalui dua anak buahnya, yakni Kasdi dan Hatta.

“Penyerahan tersebut dilakukan dalam bentuk tunai, transfer rekening bank, hingga berupa barang maupun jasa,” tutupnya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights