Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Polisi Blokade Jalan Imam Bonjol

Polisi blokade Jalan Imam Bonjol depan Gedung KPU RI.

Advertisements

Aparat kepolisian telah menutup Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat yang terletak di depan Kantor KPU RI jelang pengumuman pemenang Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (20/3/2024).

Dari pengamatan JurnalKriminal.com, Jalan Imam Bonjol sudah ditutup dengan menggunakan barrier yang terbuat dari beton yang dilengkapi dengan kawat berduri di sisi atasnya.

Terlihat beberapa kendaraan taktis (Rantis) turut diparkir di tepi jalanan depan Kantor KPU. Tampak pula para petugas gabungan telah bersiaga di sekitar Kantor KPU.

Bahkan, pintu gerbang Kantor KPU juga dijaga ketat. Pihak yang ingin memasuki harus memeriksa barang bawaannya dengan petugas yang berjaga menggunakan alat metal detector.

Arus lalu lintas kendaraan dari kawasan Kuningan yang ingin berbelok mengarah ke Jalan Imam Bonjol pun diarahkan untuk lurus ke Jalan HOS Cokroaminoto.

Sebelumnya tenggat waktu rekapitulasi perhitungan suara di tingkat nasional akan habis pada hari ini. Artinya, KPU harus mengumumkan hasil perolehan suara Pemilu 2024 pada hari ini.

Tenggat waktu tersebut diatur dalam Pasal 413 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

Hingga Rabu (20/3) dini hari tadi, KPU RI baru menyelesaikan rekapitulasi tingkat nasional untuk 36 provinsi. Tersisa Provinsi Papua dan Papua Pegunungan yang dijadwalkan akan digelar hari ini pukul 10.00 WIB.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari berharap proses rekapitulasi dua provinsi itu dapat berjalan lancar sehingga perolehan hasil secara nasional dapat diumumkan sesuai tenggat waktu.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights