IPW Desak Polda Metro Jaya Tetapkan Firli Bahuri Jadi Tersangka

Ketua KPK Firli Bahuri.

Advertisements

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polda Metro Jaya segera menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka.

Hal ini terkait kasus dugaan pemerasan yang terjadi terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang sedang diperiksa tim Penyidik Polda Metro Jaya.

“IPW mendesak Polda Metro Jaya menuntaskan proses penyidikan dugaan tindak pidana pemerasan dan juga pidana korupsi dan gratifikasi serta menetapkan pimpinan KPK berinisial FB sebagai tersangka,” ujar Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Menurut Teguh, penuntasan penyidikan tindak pidana korupsi dan pemerasan eks mentan Syahrul Yasin Limpo terlihat dari upaya Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto yang serius menangani dengan cepat kasus tersebut.

Berdasarkan Perpres Nomor 102 Tahun 2020 tentang Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi disebutkan, supervisi KPK dilakukan oleh Polri dan Kejaksaan Agung.

“Karena itu, kewenangan KPK dalam supervisi ini sangat besar termasuk pengambilalihan perkara oleh KPK dari Polri dan atau Kejaksaan Agung,” kata Sugeng.

Sehingga, tindakan Irjen Karyoto menunjukkan Polda Metro Jaya sungguh-sungguh dalam menyidik perkara dugaan tindak pidana korupsi yang diduga menyasar pada seorang pimpinan KPK.

Di samping itu, sambungnya, Karyoto juga dinilai ingin menunjukkan tranparansi serta akuntabilitas kerja penyidikan perkara yang dilakukannya.

“Bahkan, desakan Polda Metro Jaya meminta Dewan Pengawas KPK diminta mengizinkan ketua KPK menyetujui supervisi yang diminta jadi bentuk kesungguhan dan keseriusannya untuk menuntaskan kasusnya,” tutupnya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights