Ini Sejumlah Fakta Kebakaran di Museum Gajah

Museum Nasional alias Museum Gajah.

Advertisements

Kebakaran melanda bangunan Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12 Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/9/2023) pada pukul 20.00 WIB.

Api menjalar dari bagian belakang gedung museum, hingga membuat sebagian atap dan tembok ambruk. Akibatnya, empat ruang penyimpanan barang bersejarah di Gedung A1 dilaporkan hangus terbakar.

Di gedung ini tersimpan koleksi-koleksi prasejarah, etnografi, hingga keramik yang berasal dari masa prasejarah, klasik, dan kolonial. Sementara itu, bagian depan Museum Gajah dilaporkan masih utuh dan tidak tersentuh kobaran api.

Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan, kebakaran ini dipicu oleh korsleting listrik dari sebuah area bedeng tukang yang sedang melaksanakan proyek renovasi gedung Blok C di dekat museum tersebut.

“Korsleting, sumbernya dari bedeng yang ada pekerja,” kata Satriadi, Sabtu (16/9/2023) malam.

Tak lama kemudian, sekitar pukul 19.58 WIB terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional.

“Selanjutnya, kobaran api pun merambat ke area Gedung A1 di sisi Jalan Abdul Muis. Saat alarm gedung berbunyi, api sudah langsung membesar,” bebernya.

Sementara itu, Perwira Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Marwoto mengatakan, kemungkinan api dengan cepat membesar lantaran material bangunan bedeng tersebut yang mudah terbakar.

“Bedeng itu tempat barang-barang bangunan, lagi renovasi di lantai dasar, di parkiran. Bedeng itu material kayu, tripleks mudah terbakar,” ujar Marwoto.

Dilaporkan, api berhasil dipadamkan seluruhnya dua jam kemudian atau sekitar pukul 22.40 WIB. Hingga kini, belum diketahui secara pasti barang atau benda bersejarah apa saja yang terbakar akibat kejadian ini.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights