Hakim Vonis Eks Sekretaris MA, Hasbi Hasan 6 Tahun Penjara

Mantan Sekretaris MA, Hasbi Hasan divonis enam tahun penjara.

Advertisements

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif, Hasbi Hasan, divonis hukuman penjara selama enam tahun dalam kasus suap pengurusan perkara di MA.

Putusan ini dijatuhkan oleh Majelis Hakim dalam sidang pembacaan vonis pada Rabu (3/4/2024) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Hukuman tersebut jauh lebih ringan dibanding tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam sidang tersebut, hakim ketua Tony Irfan menyatakan bahwa Hasbi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah atas tindak pidana korupsi dalam kasus suap penanganan perkara.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Hasbi Hasan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama secara berlanjut,” kata Tony Irfan.

Selain hukuman penjara selama enam tahun, Hasbi Hasan juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 1 miliar.

“Jika denda tersebut tidak dibayarkan, maka akan diganti dengan pidana kurungan pengganti selama enam bulan,” lanjutnya.

Hasbi dinyatakan melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 12 huruf B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Meskipun demikian, hukuman yang dijatuhkan jauh lebih ringan dari tuntutan yang diajukan oleh Jaksa KPK. Awalnya, Hasbi dituntut hukuman penjara selama 13 tahun dan 8 bulan.

JPU KPK juga menuntut agar Hasbi membayar uang pengganti sejumlah Rp 3,88 miliar. Jika tidak dapat menggantinya, maka seluruh harta dan asetnya akan disita.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights