Hakim Kabulkan Permintaan SYL Pindah ke Rutan Salemba

Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo jadi tahanan KPK.

Advertisements

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengabulkan permohonan pindah rutan yang diajukan oleh mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Kami memberi izin untuk memindahkan tempat penahanan terdakwa Syahrul Yasin Limpo dari cabang rumah tahanan negara KPK Kelas I Jakarta Timur ke rumah tahanan negara kelas I Salemba, Jakarta Pusat, mulai tanggal 27 Maret 2024,'” ungkap Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh setelah membacakan putusan sela, Rabu (27/3/2024).

Hakim juga mempertimbangkan kondisi kesehatan SYL dalam membuat keputusan tersebut. Dia memerintahkan jaksa KPK untuk segera melaksanakan penetapan tersebut.

“Terdakwa juga memiliki riwayat komplikasi dari beberapa penyakit yang dialaminya, seperti yang tertera dalam bukti-bukti yang terlampir. Terlebih lagi, terdakwa merasa kesehatannya terganggu akibat kondisi udara yang kurang baik dan pengap di Rutan KPK Gedung Merah Putih, yang menyebabkan seringkali mengalami gatal-gatal dan sakit pada tubuhnya,” tambah hakim.

Dalam persidangan sebelumnya, SYL telah mengajukan permohonan pindah Rutan karena mengalami masalah dengan paru-parunya. Dia mengeluhkan kesulitan bernapas karena kondisi udara yang tidak baik di Rutan KPK.

“Izin, Yang Mulia, saya telah menjalani operasi besar beberapa tahun lalu dan sebagian paru-paru saya telah diangkat. Jadi, saya memiliki riwayat kanker di situ,” ungkap SYL pada Rabu (20/3/2024).

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights