Firli Bahuri Dicecar Perihal Foto Pertemuan dengan SYL

Foto pertemuan KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Advertisements

Ketua Komisi KPK, Firli Bahuri, pada hari ini diperiksa di Bareskrim Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahtul Yasin Limpo (SYL).

Dalam pemeriksaan ini, Firli dicecar perihal pertemuannya dengan SYL di lapangan bulu tangkis yang fotonya sudah tersebar ke publik.

“Termasuk di dalamnya (foto pertemuan Firli dengan SYL),” ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, Selasa (24/10/2023).

Ade Safri mengatakan, foto pertemuan Firli Bahuri dengan SYL menjadi materi yang akan didalami terkait dugaan pelanggaran dalam UU KPK.

Ia mengatakan, dalam Pasal 65 juncto Pasal 36 UU KPK mengatur, pegawai KPK dilarang berhubungan dengan pihak yang tengah beperkara dan terkait perkara ditangani KPK.

“Terkait adanya larangan untuk berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak tersangka atau pihak lain,” kata Ade Safri.

Sebagai informasi, Firli Bahuri akhirnya mendatangi Bareskrim Polri untuk memunuhi panggilan dalam pemeriksaan sebagai saksi di kasus dugaan pemerasan SYL.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Hal-hal yang akan didalami penyidik gabungan berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang terjadi, yaitu dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK kepada SYL.

“Melakukan pemeriksaan terhadap FB selaku Ketua KPK RI. (Didalami) seputar dugaan tindak pidana korupsi yang saat ini sedang dilakukan penyidikannya oleh tim penyidik,” ujar Ade Safri.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights