Edarkan Uang Palsu, Sepasang Kekasih Ini Diringkus Polres Bekasi

Ilustrasi uang palsu.

Advertisements

Pasangan kekasih di Bekasi berinisial GP dan SD berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian karena terlibat dalam aksi pengedaran uang palsu.

Penangkapan tersebut dilakukan oleh tim Polres Metro Bekasi di Cikarang Utara, Bekasi pada 29 Februari 2024 yang lalu.

Pasangan ini menggunakan media sosial Facebook sebagai sarana untuk menyebarkan uang palsu yang mereka buat sendiri.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi menjelaskan, pasangan GP dan SD telah melakukan aksinya sejak akhir tahun 2023. Mereka juga telah berhasil melakukan transaksi dengan total nilai mencapai Rp100 juta.

“Mereka adalah sepasang kekasih yang belajar membuat uang palsu secara otodidak. Mereka telah beroperasi sejak tahun 2023 dan tidak terafiliasi dengan kelompok manapun,” jelas Twedi.

Dari informasi yang didapat, pasangan ini menjual uang palsu dengan harga satu banding lima dari nilai aslinya melalui media sosial Facebook.

“Sebelum penangkapan dilakukan, mereka sudah berhasil menjual uang palsu sebanyak Rp 100 juta dengan perbandingan satu banding lima, sehingga keuntungan yang diperoleh mencapai Rp 20 juta,” tambahnya.

Twedi menegaskan, uang palsu yang diproduksi oleh kedua tersangka sangat mudah dikenali karena hanya terbuat dari kertas dan tinta printer. Hal ini jauh yang berbeda dengan uang asli yang memiliki fitur keamanan khusus.

Saat penangkapan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti termasuk uang palsu, tinta printer, kertas putih, alat potong, dan cat kaleng yang digunakan dalam pembuatan uang palsu.

Kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 36 Jo pasal 26 ayat 1 dan 3 UU RI nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, serta pasal 244 dan 245 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights