Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK, Polisi Telah Periksa 23 Saksi

Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Advertisements

Aparat kepolisian telah memeriksa total ada sebanyak 23 orang saksi terkait kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Total sampai dengan kemarin sudah 23 orang saksi dimintai keterangan selama proses penyidikan,” ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (17/10/2023).

Adapun terakhir yang diperiksa adalah 9 orang saksi, salah satunya adalah Irjen Kementan. Selain itu, Direktur Dumas KPK, Tomi Murtomo yang sebelumnya sempat mangkir, akhirnya memenuhi panggilan

“Sedangkan dua orang saksi lainnya tidak hadir. Terhadap dua orang saksi yang tidak hadir pada hari ini, telah dibuatkan surat panggilan kedua kepada yang bersangkutan untuk jadwal pemeriksaan hari Kamis,” kata Ade Safri.

Diketahui, polisi yang masih mengusut kasus ini akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua KPK, Firli Bahuri.

Sayangnya, Ade belum memastikan kapan Firli akan diperiksa. Ia hanya mengatakan jika itu kewenangan tim penyidik.

Ade menjelaskan, laporan dugaan pemerasan diterima pada 12 Agustus 2023 didapatkan melalui pengaduan masyarakat (dumas).

Menurutnya, pemerasan ini dilakukan pimpinan KPK terhadap SYL dalam perkara kasus korupsi di tahun 2022. Namun, Ade belum mengatakan siapa pimpinan KPK yang dimaksud dalam kasus itu.

Status kasus dugaan pemerasan ini pun sudah dinaikkan dari tingkat penyelidikan ke penyidikan setelah melakukan gelar perkara.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights