Dito Ariotedjo Jadi Menpora Ketiga dalam Lingkaran Kasus Korupsi

Menpora Dito Ariotedjo di Pengadilan Tipikor.

Advertisements

Dito Ariotedjo diperiksa dugaan kasus korupsi BTS 4G oleh Pengadilan Negeri Tipikor. Ia jadi Menpora ketiga yang bersinggungan dengan kasus korupsi.

Dito menjalani pemeriksaan terkait dugaan kasus korupsi BTS 4G di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (11/10/2023). Ia disebut menerima uang sebesar Rp27 miliar dalam kasus tersebut.

Sebelumnya, kasus ini sudah menjerat eks Menkominfo Johnnya G Plate, eks Dirut BAKTI Kominfo, Anang Achmad Latif, dan Tenaga Ahli HUDEV UI, Yohan Suryanto.

Dito Ariotedjo menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Dito ternyata bukanlah Menpora pertama yang bersinggungan dengan kasus korupsi. Sebelumnya, eks Menpora Andi Mallarangeng dan Imam Nahrawi terjerat kasus serupa.

Pada tahun 2020 lalu, Imam Nahrawi dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp400 karena terbukti korupsi pemberian dana hibah Kemenpora ke KONI serta gratifikasi senilai Rp8,3 miliar.

Kasus ini berawal dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Desember 2018 lalu. Imam disebut menerima uang sebesar Rp26,5 miliar dalam bentuk komitmen fee pengurusan proposal yang diajukan KONI kepada Kemenpora.

Selain pidana tujuh tahun penjara, Imam Nahrawi juga mendapat hukuman tambahan berupa pembayaran uang pengganti sebesar 18,1 miliar Rupiah.

Sebelum Imam Nahrawi, eks Menpora lain yang terjerat korupsi adalah Andi Mallarangeng.Ia divonis empat tahun penjara dan denda 200 juta Rupiah atas kasus proyek Hambalang di tahun 2014.

Andi terbukti memperkaya diri dengan nilai Rp2 miliar dan 550 ribu USD. Vonis Andi Mallarangeng lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum, yakni 10 tahun penjara dan denda Rp300 juta.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights