Demi Tekan Polusi, Tilang Uji Emisi Kembali Diberlakukan

Uji emisi kendaraan.

Advertisements

Tilang uji emisi kendaraan untuk menekan polusi akan kembali digelar di DKI Jakarta. Sebelumnya, pemberlakuan tilang ini ditiadakan karena dianggap tidak efektif.

Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya akan kembali menggelar tilang uji emisi pada awal November 2023. Ada beberapa lokasi tempat tilang uji emisi tersebut.

“Terkait tilang uji emisi sudah dilakukan koordinasi dengan Dirlantas dan rencananya pada awal November mendatang tilang uji emisi kembali dilaksanakan di beberapa lokasi,” kata jubir Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, Jumat (6/10/2023).

Soal tilang uji emisi yang sempat dihilangkan, Ani menyebut, saat itu rentang pemberlakuan sanksi tilang dengan sosialisasi masih sedikit, sehingga banyak masyarakat yang tak melaksanakan uji emisi kendaraannya.

Namun, saat ini Ani meyakini, jumlah kendaraan yang diuji emisi sudah meningkat sehingga sanksi tilang bisa efektif diterapkan.

“Mungkin kemarin kurang efektif karena kesempatan uji emisi sedikit kesempatan uji emisi belum terlalu lama, jadi masih dikit masyarakat yang mengakses uji emisi,” ujarnya.

Diketahui, tilang diberlakukan untuk mereka yang tidak lolos uji emisi. Warga yang motornya gagal uji emisi akan dikenai tilang Rp250.000, sementara mobil didenda Rp500.000.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights