Catat! Besok Ujian Praktik SIM Sudah Pakai Jalur Baru, Tak Lagi Ada Rute Zig-Zag dan 8

Ujian praktik SIM C mulai memakai jalur baru.

Advertisements

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana melakukan perubahan materi ujian SIM sepeda motor atau SIM C.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman. Dirinya memastikan bahwa pemohon SIM C tidak akan lagi menghadapi ujian praktik zig-zag dan angka 8.

“Pagi (ini) sudah mulai dilaksanakan, khusus di Daan Mogot sudah kita mulai, beberapa di Polres Tangerang Kota, Tangerang Kabupaten, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi Kota sudah dilaksanakan juga, ” kata dia.

Ia mengatakan, perubahan materi ujian SIM tersebut telah dilakukan tahap pengkajian. Ia menilai, perubahan materi bentuk sirkuit ini tetap tidak mengurangi esensi keahlian dalam berkendara.

Polisi menyatakan mengubah materi ujian praktik SIM dan merangkainya sedemikian rupa seperti yang dihadapi masyarakat saat berkendara di jalan raya.

Alasan lainnya, mereka menerima masukan dari masyarakat bahwa tes dengan lintasan zig-zag dan angka 8 menyulitkan.

Sementara itu, Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, perubahan lintasan ujian praktik SIM dilakukan dengan mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran lintasan yang sudah diperlebar dan tidak ada lagi tes melaju zig-zag.

Tes di lintasan berbentuk angka 8 juga diganti dengan lintasan berbentuk huruf S, dengan lebar lintasan yang diperlebar dari sebelumnya 1,5 menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

“Nanti pada Senin, diharapkan masing-masing jajaran mulai tingkat polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat,” kata Firman.

Di bagian ujian teori, polisi menyediakan materi yang bisa dipelajari lebih dulu oleh setiap pemohon SIM.

Firman menyebut, pihaknya telah meluncurkan buku panduan SIM A dan SIM C. Ia memastikan, sebanyak 65 soal applikatif di bagian ujian tulis berasal dari dalam buku-buku itu.

“Moga-moga tidak ada lagi orang bilang, ‘kami belum belajar, bagaimana mau lulus’,” tandasnya.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights