Besok, KPK Bakal Hadirkan Sahroni di Persidangan SYL

Advertisements

KPK dijadwalkan menghadirkan Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, dalam sidang eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Rabu (29/5/2024) esok.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyatakan, Sahroni akan menjadi saksi di luar berkas perkara yang telah disampaikan di persidangan.

“Ditambah dengan saksi di luar berkas perkara yang akan dihadirkan, yaitu Anggota DPR RI atas nama Ahmad Sahroni,” ujar Ali di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Ali menjelaskan, jaksa KPK akan mendalami perihal aliran dana ke Partai NasDem dalam persidangan besok.

Selain itu, jaksa akan mengevaluasi keterangan yang diberikan oleh Staf Khusus eks Mentan SYL, Joice Triatman, pada sidang sebelumnya.

“Aliran uang ke partai. Iya, antara lain (yang disampaikan Joice di sidang kemarin). Itu nanti dikaitkan dengan keterangan Pak Ahmad Sahroni yang sudah mengembalikan uang ke KPK. Itu didalami,” kata Ali.

Dalam persidangan tersebut, jaksa KPK juga akan menghadirkan beberapa saksi lain, seperti penyanyi Nayunda Nabila Nizrinah, Yuli Yudiyani Wahyuningsih (Staf Laboratorium/Analisis Kesehatan Klinik Utama, Biro Umum dan Pengadaan Kementan), Oky Anwar Djunaidi (Supir pada Subbagian Rumah Tangga Pimpinan, Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian), dan Nur Habibah Al Majid (Mengurus Rumah Tangga).

Ali berharap, para saksi tersebut dapat hadir sesuai dengan surat panggilan yang telah dikirimkan oleh tim jaksa KPK.

Seperti diketahui, Syahrul Yasin Limpo didakwa melakukan pemerasan hingga mencapai Rp44,546 miliar dan menerima gratifikasi yang dianggap sebagai suap sebesar Rp40,647 miliar selama periode 2020-2023.

Tindak pidana ini dilakukan SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya, yaitu Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

Boy Aditya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Verified by MonsterInsights